Minggu, 20 Januari 2013

Tips Belajar Matematika Dengan Mudah

Tips Belajar Matematika Dengan Mudah. Belajar Matematika bagi sebagian orang menjadi sesuatu yang manakutkan sekali. Mungkin banyak faktor yang menyebabkannya, baik faktor yang berasal dari pelajarnya sendiri, atau faktor yang berasal dari eksternal seperti guru dan media pembelajaran yang kurang memadai. 

Nah, berangkat dari beberapa faktor tersebut, saya ingin memberikan sedikit tips cara mudah belajar matematika kepada teman-teman sekalian, bagaimana supaya matematika itu menjadi menyenangkan, mudah serta bermanfaat bagi kita yang mempelajarinya.

  • Baca Materi Matematika dengan Seksama dan Pelan-Pelan
  • Dalam matematika Anda harus membaca perlahan-lahan dan berusaha untuk menyerap setiap kata.   Anda seringkali harus membacanya berkali-kali atau mendiskusikannya sehingga anda bisa memahaminya.   Dalam belajar mateamtika, setiap angka dan simbol sangat penting, karena banyak sekali kata-kata diringkas menjadi hanya beberapa pernyataan.

  • Be Indenpenden, Tapi Jangan Takut Bertanya
  • Cobalah untuk menyelesaikan seluruh tugas anda tanpa bantuan pada awalnya.   Jika Anda mencari bantuan terlalu cepat, baik dari instruktur atau teman sekelas, Anda tidak akan mendapatkan manfaat yang maksimal dari pekerjaan Anda.   Pada sisi lain, Anda harus mengajukan pertanyaan dan mendapatkan bantuan bila diperlukan.Kadang-kadang hal-hal kecil, menyebabkan anda bingung.   Jangan takut pertanyaan walaupun anda akan terlihat bodoh.   Beberapa orang mencari bantuan terlalu cepat, dan lain-lain menunggu terlalu lama.   Anda harus bisa kapan harus meminta bantuan kepada orang lain.

  • Selalu Menyediakan Pensil dan Kertas
  • Setiap kali anda akan belajar matematika, maka anda harus selalu menyediakan pensil dan kertas dimeja anda. Dengan peralatan ini anda bisa menguji ide-ide yang Anda baca.   Ketika ada pertanyaan pertanyaan  yang ditanyakan  anda harus mencoba untuk menjawabnya sebelum terjadi.   Cobalah untuk benar-benar bekerja menyelesaikan contoh sebelum anda membacanya.   Setelah Anda  membaca dan membaca kembali pertanyaan yang diajukan dan masih tidak melihat apa yang harus dilakukan, jangan terus duduk dan melihatnya.  Segera ambil pensil dan kertas dan mencoba untuk mengerjakan.   Sampai Anda memiliki sesuatu di atas kertas Anda.

  • Mendengarkan Apa Yang Disampaikan Dikelas Dengan Baik
  • Prinsip-prinsip fundamental dan cara berpikir, serta banyak poin-poin penting lainnya disampaikan dikelas.   Anda harus perhatikan diskusi yang terjadi dikelas agar benar-benar memahami apa yang sedang disampaikan

  • Tekun
  • Jangan heran jika suatu topik atau masalah ketika belajar matematika benar-benar membingungkan Anda pada awalnya.  Namun, salah satu ciri pembelajaran matematika adalah bahwa pada satu saat Anda mungkin merasa benar-benar bingung, dan kemudian tiba-tiba memiliki ledakan wawasan yang memungkinkan Anda untuk memahami semua pelajaran secara sempurna.

  • Meluangkan Waktu Untuk Mengulang Pelajaran 
  • Dalam belajar matematika Anda harus meluangkan waktu untuk berpikir kembali atas materi yang sudah pernah dibahas.   Dibutuhkan waktu yang banyak untuk menggali ide-ide yang terkait dengan pelajaran matematika yang pernah anda bahas.

  • Fokus Pada Matematika Dasar 
  • Jangan pernah mencoba untuk belajar matematika dengan menghafal rumus dan contoh.  Sebagian besar pelajaran matematika didasarkan pada prinsip-prinsip dasar dan defenisi.  Jika Anda berkonsentrasi pada hal fundamental ini dan mencoba untuk melihat bagaimana topik baru lain, Anda hanya perlu menghafal sangat sedikit pada materi baru.

  • Bekerjalah Dengan Tepat Waktu
  • Anda harus melakukan semua tugas secara teratur dan mengerjakannya tepat pada waktunya.   Tidak ada alasan!   Jangan menunggu sampai menit terakhir dan kemudian mencoba untuk terburu-buru mengerjakan tugas-tugas matematika yang ada. Jika anda hanya menghabiskan waktu untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan yang diberikan, maka anda tidak akan mendapatkan pelajaran tentang prinsip-prinsip dasar dari tugas tersebut. 
     
    Pelajaran Matematika tidak diperuntukan untuk intelektual malas.   Hal ini membutuhkan usaha, konsistensi.   Tidak ada cara lain untuk belajar matematika dengan baik tanpa Anda harus terlibat secara aktif.   Jangan berharap untuk belajar dengan duduk dan menonton instruktur melakukan pekerjaan.  Ini akan menjaga instruktur dalam kondisi baik, tetapi tidak akan banyak gunanya bagi anda.

    Demikianlah sedikit, tips cara mudah belajar matematika. Jika anda bisa menerapkan seluruh tips diatas secara konsisten, maka anda akan melihat hasil yang luar biasa dimasa depan. Oke, jika anda punya pendapat lain tentang topik tips belajar matematika ini, silahkan berkomentar di kotak komentar dibawah ini.


    Perlu Dibaca:

    2 komentar: